skip to Main Content
4 Jenis Barang Yang Bisa Digadaikan Di Pegadaian

4 Jenis Barang yang Bisa Digadaikan di Pegadaian

4.8/5 - (22 votes)

Semakin naiknya harga barang dan tarif hidup membuat beberapa orang kesulitan. Apalagi ketika kebutuhan sedang bertumpuk di satu waktu yang sama. Tak jarang, meski sudah memutar otak, namun tak kunjung menemukan solusi.

Berhutang pada orang lain justru mendapat gunjingan. Berhutang pada bank cicilan justru menambah beban. Bunga yang tidak karuan bukannya membantu, tetapi semakin memperburuk keadaan. Ingin gadai barang, namun masih bingung jenis barang yang bisa digadaikan.

Berbicara tentang kegiatan gadai, mungkin Anda sudah tidak asing lagi. Apakah Anda sudah sepenuhunya mengetahui tentang gadai dan jenis barang yang bisa digadaikan? Kalau belum, mari simak artikel berikut agar Anda memahaminya.

Apa itu Gadai?

Pada konsepnya, gadai adalah upaya untuk bisa memperoleh dana dengan cara memberikan barang atau benda jaminan pada pihak pemberi dana atau pihak kreditur. Gadai juga dibarengi dengan tenggat waktu atau tanggal jatuh tempo.

Bagi sebagian orang, menggadaikan barang adalah salah satu opsi untuk memperoleh uang dalam waktu yang cepat. Gadai bisa jadi solusi ketika Anda dalam keadaan darurat dan memerlukan uang.

Namun, gadai memiliki resiko yang cukup besar. Bila Anda kurang berhati-hati, Anda bisa kehilangan barang yang Anda gadaikan tersebut.

Terdapat beberapa syarat yang harus dilakukan untuk melakukan kegiatan gadai, yakni adanya barang yang digadaikan, adanya kesepakatan utang, akad atau perjanjian yang jelas, dan kedua pihak saling melakukan transaksi.

Jangka waktu gadai tergolong cukup singkat. Jatuh tempo gadai tidak sampai bertahun-tahun. Biasanya hanya dalam kurun waktu hari atau bulan saja. Anda juga bisa megajukan perpanjangan gadai.

Apabila Anda tidak dapat melunasi pinjaman gadai pada waktu yang telah ditentukan, ada tiga kemungkinan yang bisa terjadi.

Pertama, Anda bisa mengajukan perpanjangan gadai. Yang mana Anda harus ke tempat gadai dan mengurus administrasinya serta membayar bunga gadai.

Kedua, barang yang Anda gadaikan di lelang. Yang terakhir, barang yang Anda gadaikan menjadi hak milik kreditur.

Pelelangan barang gadai dilakukan untuk melunasi pinjaman Anda. Jika ada sisa atau kelebihan dari hasil lelang, maka itu sepenuhnya menjadi hak Anda. Pihak gadai juga akan membantu Anda dalam melakukan lelang barang.

Bila Anda ingin barang berharga tersebut kembali, maka dana yang Anda pinjam harus dikembalikan dengan jangka waktu yang sudah disepakati.

Dewasa ini sudah banyak perusahaan pegadaian yang muncul seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat. Jika Anda mencari gadai barang Semarang yang amanah, PT Gadai Startech adalah solusinya. PT Gadai Startech sudah terbukti amanah dan diawasi dengan baik oleh OJK.

Jenis Barang yang Bisa Digadaikan

Jenis barang yang bisa digadaikan atau barang jaminan gadai tidak bisa sembarang barang. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Salah satunya barang yang bisa digadaikan harus memiliki nilai jual.

Yang dimaksud nilai jual adalah barang memiliki nilai tukar atau dapat dijual di pasar. Syarat tersebut dibuat sebagai bentuk antisipasi apabila Anda gagal melunasi gadai pada tanggal jatuh tempo yang telah disepakati.

Sehingga ketika Anda tidak bisa melunasi kewajiban untuk membayar uang pinjaman beserta bunga, barang jaminan tersebut yang akan digunakan pegadaian untuk menebus hutang Anda.

Umumnya, barang yang dijadikan sebagai jaminan adalah rumah, kendaraan bermotor, perhiasan ataupun surat berharga. Namun seiring perkembangan waktu, beberapa tempat gadai menerima perabot rumah sebagai barang yang bisa digadaikkan. Misalnya seperti barang elektronik, televisi, handphone, kamera.

Sebelum memutuskan untuk menggadai, Anda harus sudah memahami betul apa saja risiko yang nantinya akan Anda rasakan ketika menggadaikan barang berharga tersebut. Pastikanlah Anda bisa mengembalikan dana pinjaman tersebut secara tepat waktu.

Benda jaminan yang diserahkan akan ditaksir terlebih dahulu sebelum pada akhirnya mendapatkan persetujuan.

Setelahnya, akan dibuat kesepakatan terkait batas waktu dalam pengembalian dana pinjaman. Saat sudah jatuh tempo, Anda harus mengembalikan dana pinjaman dan juga sejumlah uang tambahan yang kita sebut sebagai bunga.

Pihak gadai juga memiliki kewajiban untuk bertanggung jawab apabila barang gadai hilang atau rusak atas kelalaian pihak pemegang gadai. Memberitahu pemberi gadai apabila barang dijual. Sserta bertanggungjawab terhadap hasil penjualan barang gadai tersebut. 

Daftar Barang yang Bisa Digadaikan

Apa saja barang yang bisa Anda gadaikan di pegadaian? berikut penjelasannya:

1. Kendaraan Bermotor Beserta BPKB

Salah satu jenis barang yang digadaikan paling sering digadaikan adalah motor beserta BPKB (bukti pemilik kendaraan bermotor). Anda dapat menggadaikan motor dengan cukup mudah. Namun, biasanya tempat gadai memberikan syarat khusus untuk motor. Yakni motor harus minimal di produksi lima tahun terakhir.

Dalam menggadai motor, ada dua opsi pilihan yang bisa Anda gunakan. Yang pertama, hanya menggadaikan bpkb nya saja. Sedangkan motornya masih bisa Anda gunakan. Gadai jenis ini cenderung mendapat uang pinjaman yang relative lebih kecil.

Yang kedua, menggadaikan motornya. Jadi, selama kurun waktu gadai yang telah disepakati, Anda diharuskan menitipkan motor di pegadaian.

Artinya, Anda tidak bisa menggunakan motor Anda sebagai kendaraan operasional. Untuk gadai ini, Anda kemungkinan besar bisa menapatkan uang pinjaman yang relative lebih banyak daripada hanya menggadaikan bpkb nya saja.

2. Rumah Beserta Surat Tanah

Barang yang bisa digadaikan selanjutnya adalah rumah dan atau surat tanahnya. Menjadikan rumah sebagai jaminan gadai sepertinya sudah jalan yang paling terakhir ya. Masih banyak barang yang bisa digadaikan lainnya.

Namun, apabila Anda membutuhkan dana dalam jumlah besar, menggadaikan rumah bisa jadi pilihan. Terutama ketika Anda menggadaikannya di bank.

Umumnya, menggadaikan rumah akan disertai dengan surat tanahnya. Berbeda dengan system yang ada saat menggadaikan kendaraan bermotor ya. 

3. Barang Elektronik

Anda juga bisa menjadikan barang elektronik sebagai barang jaminan gadai. Diantaranya dalah televisi, kulkas, handphone, play station, laptop, kamera, dan lain-lain. Untuk kriteria barang elektronik yang bisa digadaikan biasanya adalah barang keluaran satu atau dua tahun terakhir.

Hal tersebut karena perkembangan kecanggihan barang elektronik tergolong sangat cepat. Perubahan tipe barang yang hanya dalam hitungan bulan saja juga mempengaruhi harga barang di pasar.

4. Perhiasan Emas, Logam Mulia Dan Berlian

Emas, logam mulia dan berlian menjadi barang yang bisa digadaikan dengan cepat dan mudah. Jenis barang ini juga mendominasi di tempat gadai. Emas yang digadaikan bisa dalam bentuk perhiasan anting, gelang, kalung, cincin, hingga emas batangan.

Namun, menggadaikan emas, logam mulia, dan berlian biasanya harus disertai dengan surat kwitansi pembelian.

Nah itu dia definisi gadai dan beberapa jenis barang yang bisa digadaikan. Bagaiamana? Sudah tertarik untuk menjadikan gadai sebagai pilihan saat butuh dana kepepet?

Agar pinjaman yang Anda dapatkan maksimal, pastikan juga barang yang akan Anda gadaikan dalam kondisi yang baik. Tidak ada lecet maupun kerusakan parah yang akan mempengaruhi nilai taksir barang di tempat gadai.

Fathnan Id

Fathnanul Muzakki adalah seorang digital marketer, bisa dibilang aktivis internet. Saya mengelola ratusan website bisnis perusahaan.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top